Senin, 26 Januari 2009

Tips Menghadapi Wawancara

TIPS PRAKTIS MENGHADAPI WAWANCARA

1. Perhatikan penampilan anda. Penampilan pertama harus menimbulkan kesan baik dan tidak dibuat-buat. Perhatikan sikap, cara berdiri dan berjalan, jangan sampai menimbulkan kesan angkuh. Seain itu, perhatikan kebersihan gigi dan mulut agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap ketika berbicara dengan orang yang mewawancarai.

2. Siap untuk melakukan wawancara. Dalam hal ini Anda perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pihak yang mewawancarai. Persiapkan diri Anda dengan berbagai pengetahuan dan sertifikat keterampilan yang Anda miliki.

3. Hindari membicarakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan profesi yang Anda lamar. Hal ini dapat mengurangi minat pewawancara untuk melakukan wawancara dengan Anda karena merasa bosan mendengarkan "Pidato" Anda. Usahakan berbicara secukupnya saja sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.

4. Bersikap sopan pada saat memasuki ruang wawancara. Hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi Anda. Ketuklah pintu terlebih dahulu dan jangan duduk sebelum dipersilakan. Duduklah dengan tenang, kepala tegak, dan pandangan lurus ke muka jangan sekali-kali memperhatikan penampilan orang yang mewawancarai Anda.

5. Pada saat meninggalkan ruang wawancara, usahakan untuk selalu bersikap tenang, tidak terburu-buru dan ucapkan terima kasih kepada pewawancara.